Sunday, June 12, 2016

Cara Membagi Partisi Hardi Disk (Hard Driver) Tanpa Menggunakan Software Bantuan

Cara Membagi Partisi Hard Disk - Hard disk atau perangkat keras adalah komponen yang wajib ada dalam komputer karena hard disk digunakan sebagai media penyimpanan file sekaligus menjadi tempat operation system (OS) untuk berjalan perangkat lunak pun seperti software tidak akan bisa berjalan tanpa adanya hardisk perangkat lunak akan berjalan kalau ada OS dan OS membutuhkan hardisk untuk berjalan, karena tanpa hardisk komputer tidak akan bisa berjalan, menyala iya tapi tidak akan bisa beroperasi normal karena tidak ada media tempat menginstal OS.

Secara default partisi hard disk hanya ada 1, dan tentunya kita harus membagi nya menjadi beberapa bagian untuk kita menyimpan file berdasarkan kategori, seperti partisi 1 untuk file system OS dan partisi 2 untuk file pribadi. Karena jika kita menyatukan semuanya menjadi 1 jikalau terjadi error pada OS komputer kita dan terpaksa untuk install ulang pasti semua data pribadi kita ikut hilang karena dalam proses install ulang partisi system biasanya akan terformat semuanya dan tentunya file didalamnya pun ikut terhapus. 

Karena alasan itu sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara membagi partisi hard disk menjadi beberapa bagian, disini saya tidak menggunakan software bantuan apapun sekarang saya akan memanfaatkan tools bawaan windows yang sudah terinstall secara default, saat kita mengintall OS windows sebenarnya banyak tools yang bermanfaat untuk membantu pengoprasian komputer.

Cara Membagi Partisi Hard Disk
Hard Disk

Cara Membagi Partisi Hard Disk :


1.) Buka Control Panel lalu cari System and Security lalu cari Administrative Tools.
2.) Disitu pasti ada tulisan "Create and format hard disk partitions" klik itu untuk membuka Disk Management
3.) Selanjutnya kalian cari partisi default milik kalian misalnya drive C: bisa berbeda pokoknya cari drive utama kalian lalu klik kanan pada driver tersebut lalu klik shrink volume
4.) Isi pada kolom "Enter the amount of space to shrink in MB" dengan berapa volume partisi yang akan kalian bagi nanti isikan dengan satuan Mb (Megabytes) lalu tekan shrink. Maka Akan muncul partisi Free Space yang akan tampil berwarna hijau.
5.) Klik kanan pada partisi Free Space tadi lalu klik kanan pada mouse klik lagi New Simple Volume untuk membuat partisi baru dari partisi Free Space tadi.
6.) Klik next lalu pada Simple Volume Size in MB isi dengan berapa besar volume yang akan kalian buat partisi baru isi dengan satuan Mb (Megabytes) lalu klik next lagi.
7.) Selanjutnya pilih Assign of Following drive letter dan isikan dengan Letter apa saja terserah kalian lalu klik next lagi.
8.) Selanjutnya pilih Format this volume with the following setting
File System : NTFS
Allocation unit size : Default
Volume Label : (Isi dengan nama yang kalian inginkan)
Beri ceklis pada Perform a quick format lalu klik next lagi.
9.) Terakhir klik Finish dan otomatis pc reboot jika tidak mereboot maka kalian harus manual reboot, karena jika tidak di reboot partisi tidak akan terbuat.

Cara Membagi Partisi Hard Disk. Dalam praktek ini saya menggunakan aplikasi Disk Management yang sudah terinstall default pada os windows, mudah bukan untuk membagi partisi hard disk dan tanpa perlu bantuan software, dengan hanya memanfaatkan aplikasi Disk Management sudah bisa. Setelah komputer reboot maka partisi yang sudah kalian buat tadi akan otomatis terbuat tinggal kalian gunakan untuk menyimpan file pribadi kalian.

Berkomentarlah sesuai dengan apa yang di bahas, semua komentar akan kami pilah terlebih dahulu sebelum di publish. Dalam berkomentar saya tidak menyarankan karena tidak akan di publish :
- Sara
- Pornografi
- Perjudian
- Iklan
- Link Aktif
EmoticonEmoticon